Selasa, 06 Desember 2016

Kirab Budaya untuk Ekspresikan Nilai Pancasila


KETUA Umum TMP Maruarar Sirait (jaket merah kanan) bersama ribuan warga menggelar kegiatan jalan santai dan Kirab Budaya di Desa Sukamandi Jaya, Kabupaten Subang, Minggu 27 November 2016.*

SUBANG, (PR).- Dalam rangka mengekspresikan nilai-nilai pancasila dan menumbuh kembangkan potensi pemuda, Dewan Pimpinan Pusat Taruna Merah Putih (TMP) menggelar kegiatan jalan santai dan Kirab Budaya di Desa Sukamandi Jaya, Kabupaten Subang, Minggu 27 November 2016.
Kegiatan yang mengusung tema "Langkah Maju Pantura Subang Pancasila Rumah Kita" diikuti 7.000 kader TMP dan Seluruh elemen pemuda dari Kabupaten Subang, antara lain komunitas seni, pelajar dan organisasi kepemudaan.
Ketua Pelaksana TMP Youth Festival Brando Susanto mengatakan bahwa diadakan acara ini bertujuan untuk menjaga dan menumbuhkan semangat pemuda untuk mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu, acara ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan potensi yang dimiliki oleh pemuda.
"Kegiatan ini diikuti sekitar 7000 kader dan seluruh komponen budaya lokal dan khususnya pemuda dan pelajar akan melakukan kirab bersama untuk menjaga keutuhan pancasila," katanya melalui siaran pers yang diterima PR, Minggu 27 November 2016.
Menurut dia, saat ini pemuda dalam mengekspresikan nilai-nilai pancasila tidak lagi di dalam kelas atau melalui penataran-penataran. Kegiatan TMP Youth Fest merupakan salah satu cara untuk mengekspresikan nilai-nilai pancasial dalam wujud seni."Harapannya dengan acara ini mereka akan memiliki semangat gotong royong dan melestrarikan budaya lokal," ucapnya.
Pada kegiatan ini juga membuka 25 stan. Yang terdiri dari 12 stan kuliner dan 13 stan sekolah dan komunitas seni. Baginya dengan membuka stan ini bukti konsistensi TMP dalam mengembangkan potensi pemuda.
"Ini salah satu gerakan dengan segala potensinya bisa mengekapresikan dengan gaya mereka," katanya.***

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2016/11/28/kirab-budaya-untuk-ekspresikan-nilai-pancasila-386048


0 komentar:

Posting Komentar